Senin, 5 Juni 2023

Kementan Raih Penghargaan Pengawasan Kearsipan Predikat “AA” Tiga Tahun Berturut-turut

internal Rabu, 24 Mei 2023 01:55:44 16

BANYUWANGI – Kementerian Pertanian sekali lagi membuktikan komitmennya dalam penyelenggaraan kearsipan dengan meraih penghargaan dalam bidang Kearsipan. Dalam acara puncak peringatan Hari Kearsipan Nasional Ke-52 yang digelar di Banyuwangi pada 22 Mei 2023, Kementan berhasil memperoleh penghargaan dalam penilaian pengawasan kearsipan yang dilakukan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan predikat “AA (Sangat Memuaskan)”.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Bapak Azwar Anas didampingi Kepala ANRI Bapak Imam Gunarto, memberikan secara langsung piagam penghargaan kepada Kepala Biro Umum dan Pengadaan Kementerian Pertanian, Bapak Sukim Supandi S.Sos, MM mewakili Menteri Pertanian.

Penghargaan ini menegaskan bahwa Kementerian Pertanian telah berhasil mempertahankan standar kualitas dalam pengelolaan arsip-arsipnya. Pengelolaan arsip yang transparan, teratur, dan efisien menjadi salah satu pilar penting dalam pembangunan birokrasi yang modern dan profesional. Kementerian Pertanian telah membuktikan bahwa dengan komitmen yang kuat dengan adanya pengawasan kearsipan yang telah dilakukan baik itu pengawasan kearsipan internal maupun eksternal sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong reformasi birokrasi di Indonesia.

Dalam upaya menjaga predikat “AA” yang diperolehnya, Kementerian Pertanian berkomitmen untuk terus meningkatkan sistem kearsipan mereka. Kementan terus mengadopsi teknologi terkini yang disertai dengan dukungan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia kearsipan. Kementerian Pertanian juga telah melaksanakan transformasi digital dalam pengelolaan kearsipan. Penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) telah memberikan kontribusi signifikan dalam mempercepat penciptaan naskah dinas dan aksesibilitas arsip, meminimalkan resiko kehilangan arsip serta meningkatkan keamanan data.

Melalui penghargaan yang diterima ini Kementerian Pertanian berkomitmen untuk terus menjaga standar penyelenggaraan kearsipan yang berkualitas dan melanjutkan upaya dalam reformasi birokrasi. Dengan pengelolaan arsip yang baik, Kementerian Pertanian berperan penting dalam menjaga memori kolektif bangsa khususnya di sektor pertanian, melestarikan pembangunan pertanian Indonesia, serta menuju peradaban yang unggul.

Selamat Hari Kearsipan ke-52,
Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa dan Peradaban Unggul

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait