Kamis, 22 Februari 2024

Aktif Sebagai Mitra Aksi Nyata Penanaman Pohon, Kementan Terima Penghargaan Revolusi Mental 2023

internal Rabu, 20 Desember 2023 05:29:14 14

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) menerima Penghargaan Revolusi Mental 2023 atas jasa dan partisipasinya dalam mengkoordinasikan program Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Apresiasi ini diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) bersamaan dengan penyerahan ke 37 pemenang Anugerah Revolusi Mental 2023 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin,di Istana Wakil Presiden.

Apresiasi ini diberikan karena Kementan merupakan bagian dari Mitra Program Aksi Nyata Penanaman 10 Juta Pohon. Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengatakan gerakan revolusi mental diharapkan dapat menghimpun kekuatan dan kemandirian bangsa, dengan memegang teguh nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong.

“Hari ini kita semua hadir untuk menyaksikan penyerahan Anugerah Revolusi Mental Tahun 2023 kepada Lembaga Pemerintah, Swasta, Masyarakat, dan Komunitas yang telah melakukan perubahan secara nyata, terukur, inspiratif dan berkelanjutan” jelas Wapres Ma’ruf.

Sebagaimana diketahui, Anugerah Revolusi Mental ini merupakan penyelenggaraan ketiga kalinya setelah tahun 2019 dan 2022.

Kegiatan ini menjadi salah satu momentum baik untuk memberikan apresiasi, penghargaan, dan penghormatan bagi pelaku atau agen perubahan dalam aksi nyata yang mencerminkan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan penghargaan ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi dan perluasan lokus pelaksanaan program/kegiatan GNRM oleh lintas pemangku kepentingan.

Sinergi dan perluasan program ini menjadi kunci utama untuk memastikan adanya perbaikan capaian maupun keberlanjutan kebijakan Revolusi Mental pada masa mendatang.

“Perlu kita apresiasi bersama atas dedikasi dari semua pelaku/agen perubahan yang telah melaksanakan aksi-aksi nyata di daerah maupun di lingkungan sekitarnya untuk mendukung target pencapaian Revolusi Mental” ungkap Muhadjir Effendy.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan penghargaan yang diberikan kepada Kementan ini diharapkan dapat memacu peningkatan nilai-nilai strategis dalam pelaksanaan pembangunan pertanian, mulai dari level individu hingga level lembaga negara.

“Apresiasi ini saya harapkan dapat mendorong pelaksanaan revolusi mental khususnya di bidang pertanian, kami memiliki komitmen untuk aktif menerapkan nilai-nilai revolusi mental secara lebih inklusif dan berkelanjutan, kami harap upaya ini berdampak langsung terhadap persatuan dan kemajuan bangsa kedepan” terangnya.

Sebagai informasi, berdasarkan serangkaian proses penjurian, Anugerah Revolusi Mental Tahun 2023 ini diberikan kepada 37 pemenang serta 24 penerima apresiasi berdasarkan pada 4 kategori. Antara lain, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota berdasarkan implementasi 5 Program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM); Individu dan Lembaga Berbadan Hukum; Program Aksi Nyata GNRM; serta Rekomendasi Mitra Pelaksana GNRM.

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait